Kamis, 20 Juni 2013

ISL : Persiba Balikpapan 3 - 3 Persipura Jayapura


Persipura Jayapura gagal memanfaatkan keuntungan jumlah pemain untuk mendulang tiga angka, dan harus puas bermain imbang 3-3 melawan Persiba Balikpapan dalam lanjutan Indonesia Super (ISL) 2012/13 di Stadion Persiba, Kamis (20/6).
Arifki Ekaputra menjadi bintang Persiba yang membuat tim Beruang Madu terhindar dari kekalahan di hadapan publik sendiri lewat golnya menjelang laga berakhir. Apalagi Persiba sudah bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-30 menyusul kartu merah yang diterima Rudi Widodo.
Persipura gagal menjauhi Arema Indonesia dengan tambahan satu angka ini. Kendati demikian, Persipura tetap kokoh di puncak klasemen usai mengoleksi nilai 64, unggul 14 poin dari tim Singo Edan.
Sedangkan torehan satu angka tidak mengubah posisi Persiba di peringkat ke-13 dengan koleksi nilai 26, atau berselisih dua poin dari Gresik United yang berada satu tangga di atasnya.
Persiba langsung melakukan tekanan ke pertahanan Persipura sesaat setelah wasit meniup pluit kick-off. Peluang diperoleh tuan rumah, tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka gagal menjebol gawang Yoo Jae Hoon.
Di menit ke-18, Stadion Persiba bergemuruh setelah Syakir Sulaiman membuka keunggulan bagi tuan rumah. Umpan Patrice Nzekou diselesaikan tandukan Syakir untuk membobol gawang tim Mutiara Hitam.
Kubu tuan rumah terhenyak saat laga berjalan setengah jam. Rudi Widodo diganjar kartu merah, karena menahan bola sepak pojok Boaz Solossa dengan tangannya di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih. Otavia Dutra yang dipercaya sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik.
Kendati bermain dengan sepuluh pemain, Persiba masih mencoba untuk memberikan perlawanan. Namun tekanan yang diberikan Persipura membuat tim besutan Herry Kiswanto ini harus jatuh bangun mengamankan gawang Wawan Hendrawan.
Wasit kembali menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Syakir kepada Tinus Pae lima menit menjelang babak pertama berakhir. Dutra yang kembali dipercaya sebagai algojo mampu membalikkan keadaan untuk membawa Persipura unggul.
Persiba lebih memperkuat pertahanan mereka di babak kedua, karena kalah jumlah pemain, sambil sesekali mencoba menerapkan serangan balik. Alex Robinson sempat mengancam, tapi tendangannya dapat diredam Yoo.
Pada menit ke-55, Persipura mampu memperbesar keunggulan mereka lewat gol cantik yang dilesakkan Boaz. Kapten tim Persipura ini melepaskan tendangan lob yang tak dapat dijangkau Wawan, sehingga bola bersarang di pojok kiri gawangnya.
Sukses memperlebar keunggulan, membuat pemain Persipura percaya diri, dan terlalu
lama memainkan bola. Akibatnya, mereka kewalahan saat menghadapi serangan balik cepat Persiba. Petaka datang di menit ke-80 ketika Imanuel Wanggai dianggap handsball di kotak terlarang. Patrice Nzekou memperkecil ketertinggalan tuan rumah lewat eksekusi dari titik putih.
Satu menit menjelang laga berakhir, Persiba sukses menyamakan kedudukan. Umpan dada Johan Yoga disambar Arifki, dan tendangan kerasnya tidak dapat dibendung Yoo. Laga pun ditutup dengan skor 3-3.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...